Rabu, 27 Desember 2017

Instalasi Listrik Gedung



Listrik telah menjadi kebutuhan utama yang di butuhkan oleh semua orang di seluruh dunia. Tidak ada listrik tentunya akan mempersulit kehidupan di dunia. Pada dasarnya listrik sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan bagi manusia. Untuk mendapatkan akses pada listrik. Terlebih dahulu, rumah, kantor, pada dasarnya semua jenis gedung harus melaksanakan pemasangan, atau instalasi listrik gedung. Di Indonesia ntuk mendapatkan akses listrik tentunya kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke PLN, yang merupakan penyedia listrik di negara kita, tentu selain pendaftaran guna akses listrik. Tahap instalasi juga penting dalam instalasi listrik, dan PLN lah yang nantinya akan membantu anda dalam pemasangan akses listrik di gedung anda. Untuk mendapatkan akses atau instalasi listrik baru tentunya di butuhkan instalasi listrik yang handal dan teliti. Dalam hal ini anda dapat mempercayakan hal tersebut pada instalator listrik yang mematok harga untuk jasa mereka. Instalator listrik tersebut bisa membantu anda dalam pemasangan listrik baik itu untuk listrik gedung atau rumah.

Biasanya, jasa instalasi listrik gedung memiliki tahapan-tahapan yang tentunya harus di utamakan, baik itu untuk pemasangan listrik gedung atau rumah. Semua harus memiliki prosedur yang berlaku. Berikut tahapan-tahapan yang biasa di dahulukan bagi jasa instalasi listrik :
Tahapan pemasangan untuk rumah:

  • Perizinan terlebih dahulu kepada PLN
  • Penentuan pembagian Box MCB
  • Penarikan kabel dari Main Fuse Box ke MCB-MCB
  • Pemasangan grounding dan anti petir
  • Pemasangan stop kontak, light switch
  • Pemasangan COS 
  • Stabilizer

Tahapan pemasangan untuk gedung bertingkat:

  • Perizinan dari PLN
  • Pemasangan Garu PLN
  • Pembagian Box MCB
  • Penarikan kabel dari Main Fuse Box ke MCB-MCB
  • Pemasangan sistem Auto
  • Pemasangan sistem Pendinginan.
  • Pemasangan Panel kontrol pusat.
  • Pemasangan grounding dan anti petir. 
  • Pemasangan stop kontak, light switch.
  •  Pemasangan COS
  • Stabilizer
 
Jasa instalasi listrik haruslah berpengalaman dan mengetahui bagian-bagian dari instalasi listrik. Karena jaringan instalasi listrik gedung merupakan hal yang penting dan harus diutamakan. Selain gunanya yang sangat penting untuk mengalirkan listrik ke rumah. Juga faktor keamanan yang harus diatur sedemikian rupa untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran atau tersengat aliran listrik. Selain itu pengecekan berkala dan perawatan yang intens akan lebih baik untuk terus menjaga ketahanan instalasi listrik. Untuk perawatan instalasi listrik gedung kiranya ada beberapa hal yang harus diperhatikkan, dalam masa pemakaian gedung tentunya akan muncul masalah - masalah teknis yang terjadi karena banyak faktor yang tidak lepas dari kualitas pekerjaan pemasangan dan kualitas bahan material sendiri. Sebagai pedoman perawatan Instalasi Mekanikal dan Eletrikal di Gedung. Penting akan adanya Standard Operating Prosedure (SOP ) yang di himpun dengan penyesuaian keadaan lapangan gedung dengan berdasar pada sistem pemasangan awal. Adapun alat – alat listrik yang harus dijaga dan dicek, meliputi:
·         Kotak sekering / PHB.

 Kotak sekering dibuka tutupnya dengan obeng, tetapi sebelumnya sakelar pemutus daya dilepaskan dahulu. Sambungan kawat pada terminal - terminal dilepaskan dengan membuka sekerup - sekerup terminal menggunakan obeng. Karena panas dan lambat pada terminal-terminal tersebut sering terbentuk kotoranatau kerak-kerak yang dapat menghambat aliran arus listrik, maka harus dibersihkan dengan menggunakan amplas (kertas gosok) yang halus dengan cara menggosoknya sampai bersih. Setelah bersih pasang kembali ujung - ujung kawat pada terminal - terminalnya, agar tidak terjadi kesalahan dalam penyambungan, maka sebelum melepaskan terminal perlu diberi tanda.

·         MVMDP 

Panel MVMDP adalah kepanjangan dari Medium Voltage Main Distribution Panel, panel yang bekerja pada tegangan menengah. Pastikan Fungsi pemanas udara di dalam panel bekerja dengan baik, hal ini untuk menghindari kandungan air di udara/kelembaban yang berlebihan dalam terminasi panel yang akan mengakibatkan loncatan arus antar Phase, Pastikan kembali kontrol pengaman panel dan trafo berfungsi dengan baik bila perlu lakukan simulasi kecil sebelumnya, Pengoperasian Panel Tegangan menengah membutuhkan operating person yang sudah berpengalaman, guna menghindari kecerobohan.

·         Transformator

Transformator adalah alat untuk menurunkan atau menaikkan tegangan. Pastikan pemberian pengaman luar Transformator, misalnya pemberian pagar pelindung agar hanya orang orang tertentu yang bisa memiliki akses masuk. Pastikan pergantian udara didalam ruang Transformator berjalan dengan baik. Selalu beri tanda peringatan bahwa area disekitar Transformator berbahaya.

·         Panel LVMDP

LVMDP adalah kependekan dari Low Voltage MainDistribution Panel, artinya panel ini bekerja pada tegangan rendahdan berfungsi sebagai pembagi utama pembagian daya instalasi diseluruh gedung dan sekitar. Pastikan pergantian udara di ruang panel LVMDP berjalanlancar, untuk mengurangi efek kenaikkan temperatur padakomponen panel. Selalu beri tanda peringatan bahwa area sekitar panel berbahaya.Perawatan rutin dengan melakukan pembersihan pada komponen



Tidak ada komentar:

Posting Komentar