Kamis, 30 November 2017

Jaringan Listrik Rumah

Rumah adalah tempat berlindung bagi kita, tempat yang aman dan nyaman, serta tempat berkumpulnya keluarga, rumah juga merupakan tempat untuk melakukan aktifitas sehari – hari, banyak sekali peralatan elektronik untuk melengkapi rumah. Jaringan listrik Rumah, termasuk elemen penting yang mendukung aktifitas di dalam rumah. Selain sebagai sumber energi untuk penerangan, banyak aktifitas rumah lainnya, yang membutuhkan fungsi listrik seperti memasak, dan menonton hiburan di dalam rumah, juga masih banyak kegiatan lain yang melibatkan jaringan listrik di dalam rumah. Memasang jaringan listrik rumah dengan benar memerlukan teknik perencanaan yang tepat selain bertujuan untuk keamanan dan kelayakan guna, teknis instalasi juga akan membuat fungsi jaringan listrik rumah menjadi semakin maksimal. Anda tentu menginginkan instalasi listrik yang terpasang di rumah terpasang dengan baik, aman, dan sesuai dengan kebutuhan. Saat kita hendak memasang instalasi listrik di rumah, baik itu pemasangan instalasi listrik rumah baru, atau untuk penambahan instalasi listrik yang sudah ada, biasanya kita akan menggunakan jasa tukang listrik untuk memasang instalasi listrik untuk digunakan dalam rumah  tersebut.

Karena setiap tukang listrik dapat merencanakan poin poin yang akan dipasang dengan memperhitungkan fungsi, keamanan, efisien dan keindahan yang tepat, berkaitan dengan aktifitas rumah yang berhubungan dengan listrik. Secara sederhana, dalam bangunan apapun akan dipasang sedikitnya satu unit box MCB sebagai pusat distribusi dan pengaman jaringan listrik rumah. Untuk setiap ruangan biasanya ditempatkan lampu penerangan di tambah sebuah stop kontak menyesuaikan dengan kebutuhan perkakas elektronik yang nantinya akan diletakkan. Bukan hanya masalah penempatan, dimana saklar, lampu dan stop kontak yang akan dipasang, namun juga aspek pemilihan alat seperti kabel, pipa kabel, sekering, dan isolator yang harus diperhitungkan tingkat kualitasnya. Semakin baik kualitas alat yang akan dipasang, maka akan semakin baik untuk memberikan keamanan dan meminimalisir resiko bahaya listrik terhadap keluarga anda dirumah.
Disini saya akan memberikan contoh alat – alat yang setidaknya harus anda perhitungkan kualitas dan fungsinya:
  • ·         MCB
Fungsi MCB adalah untuk mengamankan instalasi listrik jika terjadi hubungan singkat (Korsleting), MCB akan memutuskan sumber listrik saat terjadi korsleting pada instalasi listrik di rumah anda.
  • ·         ELCB

ELCB adalah singkatan dari (Earth Leakage Circuit Breaker) fungsi ELCB adalah Memutuskan sumber listrik jika terjadi kebocoran listrik ke bumi. Pastikan juga ELCB sudah terpasang dengan baik dan benar, dan dilengkapi dengan Box pengaman.

  • ·         Kabel Listrik

Perlu anda ketahui, pemasangan jenis kabel listrik yang tidak sesuai, dapat mengakibatkan jaringan listrik rumah menjadi kurang baik dan tidak aman. Oleh karena itu pastikan bahwa Kabel listrik yang digunakan dirumah anda sesuai dengan kebutuhan, dan memiliki standar SNI. Ukuran kabel juga suatu hal yang sangat penting untuk anda perhatikan, karena jika ukuran kabel yang digunakan tidak sesuai dengan daya listrik dirumah anda, dapat menyebabkan kabel tersebut panas, dan terbakar. Oleh karena itu, perlu anda pastikan bahwa ukuran Kabel listrik yang digunakan untuk Instalasi listrik di rumah anda sudah sesuai dengan Kemampuan Hantar arusnya (KHA).

  • ·         Stop Kontak dan Saklar

Pemasangan Stop kontak, Saklar dan Fitting lampu yang tidak benar, dapat menyebabkan Instalasi listrik dirumah anda menjadi tidak aman. Pemasangan Stop kontak dan Saklar harus memiliki jarak 150 cm dari permukaan lantai, jika dipasang lebih rendah, maka stop kontak yang digunakan harus dilengkapi dengan penutup. Dan jangan lupa untuk memilih Stop kontak, Saklar dan Fitting lampu yang berkualitas baik dan berstandar SNI. Akhirnya point terakhir yang harus anda perhitungkan, atau siapkan, adalah berkaitan dengan biaya yang harus anda sediakan, berkaitan dengan kualitas alat yang di pasang serta biaya pemasangan oleh jasa instalasi listrik. Anda juga harus mengawasi kualitas kerja dari jasa instalatir yang di pakai, sebab listrik ini akan menemani kehidupannya sehari hari yang mana harus dapat dijamin keselamatan dan keamanannya dari segala bentuk bahaya listrik. Itulah beberapa hal yang saya dapat sampaikan berkaitan dengan jaringan listrik rumah. Selamat mencoba dan semoga beruntung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar